Pada tugas terakhir ini membahas Jurnal tentang “Faktor – faktor Fundamental Yang Mempengaruhi Resoki Saham”

 

Abstraksi Pada Jurnal.

 

ABSTRAK :

 

“Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai referensi bagi perusahaan untuk lebih memperhatikan faktor fundamental perusahaan dalam mengeliminir pengaruh risiko pasar sehingga nilai perusahaan akan lebih tinggi dan akhirnya akan bisa memberikan kemakmuran bagi stakeholders. Faktor-faktor fundamental seperti DER, ROE, EPS, PER dan OPM mempunyai berpengaruh terhadap risiko sistematis Beta. Hal ini terjadi karena banyak perusahaan yang memiliki tingkat DER yang tinggi sementara tingkat ROE nya rendah”.

 

Jadi pada tugas akhir “Pengantar Bisnis Informatka” saya membahas tentang faktor fundamental yang mempengaruhi resiko saham, pada jurnal ini intinya membahas agar perusahaan untuk lebih memperhatikan faktor fundamental perusahaan dalam mengeliminir resiko pasar sehingga nilai perusahaan akan lebih tinggi dan akhirnya akan bisa memberikan kemakmuran bagi stokeholders.

 

Intisari Jurnal :

 

Pasar modal saat ini dipandang sebagai sarana efektif untuk mempercepat pembangunan suatu negara. Melalui pasar modal dimungkinkan terciptanya usahawan yang dapat menggalang penyerahan dana jangka panjang dari masyarakat untuk disalurkan ke sektor-sektor produktif. Hal ini sejalan dengan fungsi pasar modal  yaitu meningkatkan dan menghubungkan aliran dana jangka panjang dengan kriteria pasarnya secara efisien yang akan menunjang pertumbuhan riil ekonomi secara keseluruhan.

 

Sumber pembiayaan yang sudah sangat populer adalah bank yang digolongkan sebagai sumber pembiayaan tradisional. Satu keunggulan penting yang dimiliki pasar modal dibandingkan bank adalah bahwa untuk mendapatkan dana sebuah perusahaan tidak perlu menyediakan agunan, sebagaimana dituntut oleh bank. Dengan menunjukkan prospek yang baik, maka surat berharga perusahaan tersebut akan laku dijual di pasar modal. Di samping itu, dengan memanfaatkan dana dari pasar modal perusahaan tidak perlu menyediakan dana tiap bulan atau setiap tahun untuk membayar bunga. Sebagai gantinya perusahaan harus membayar dividen pada investor, jika memang perusahaan memperoleh untung.

 

Kegiatan investasi yang dilakukan investor adalah kegiatan untuk menempatkan dana pada suatu atau lebih suatu aset selama periode tertentu dengan harapan dapat memperoleh sejumlah keuntungan dimasa yang akan datang. Biasanya para pemodal tidak akan menempatkan seluruh dana yang tersedianya pada satu jenis aset. Hal ini menunjukkan bahwa ada factor yang harus dipertimbangkan sebelum memilih jenis investasi yang akan dimasuki seperti risiko yang akan ditanggung.

 

Aplikasi / Software yang digunakan :

Pada jurnal yang saya bahas aplikasi atau sotfware yang digunkan tidak dicantumkan pada jurnal, tetapi saya baca dari beberapa sumber di internet ada beberapa software yang digunakan untuk manajemen jual beli saham, antara lain :

  1. Investment Flow Chart  (Baca lebih detail)
  2. Krishand Stock Management  (Baca lebih detail)
  3. Software IQ Plus  (Baca lebih detail)

 

Demikian penjelesan tugas mengenai intisari jurnal “Faktor – faktor Fundamental Yang Mempengaruhi Resiko Saham”. 

 

 

Sumber Jurnal : “KLIK SUMBER

*Setelah didownload ada beberapa kumpulan judul jurnal, Judul yang saya bahas “Faktor – faktor Fundamental Yang Mempengaruhi Resiko Saham” ada pada halaman 82.